10 April 2008

Kirim Salam Buat SMP Negeri 3 Purbalingga

Mengapa kok di pojokan ada gambar SMPN 3 ? jelas mudah ditebak. Pertama karena tetangga kedua karena saya alumni SMPN 3. Sayang banget SMPN 3 belum online jadi tidak tahu perkembangannya sekarang. Banyak kesan yang saya dapatkan sewaktu SMP. Bapak-bapak dan Ibu-ibu guru di SMP memang baik-baik. Tapi ada juga yang sering memberikan teguran dan kadang hukuman. Saya memang bukan murid bandel tapi juga bukan murid yang pinter. Guru-guru saya dulu masih mengajar di SMPN 3, ada Pak Pri, Bu Mus, Pak Imam, Bu Nisa, dan lain-lain. Wah tidak semua bisa disebutin, kadang memang ada kesan tersendiri kepada pada guru kita sehingga sampai tua pun masih ingat. Bicara soal SMPN 3 sekarang saya acungi jempol luar biasa.

Dahulu kala (konon kabarnya) SMPN 3 bukanlah sekolah yang bergengsi. Saya sendiri masuk setelah SMPN 3 mulai punya pamor. Sekarang SMPN 3 sudah punya bintang yang berkilau. Kalau dulu anak SMPN 3 agak jarang yang melanjutkan ke SMAN 1. Tapi sekarang sudah ada lebih banyak yang bisa masuk kesana. Itu positifnya, lha yang negatif adalah SMPN 3 semakin sumpek. Bukannya dulu hijau bersih dan lebih sumringah. Sayangnya pengaturan pembangunan gedung serasa morak-marik. Banyak pohon yang ditumbangkan. Sebenarnya mau seperti apa sih bangunannya ? apa sudah ada gambar yang "luar biasa" seperti tetangga kita SMPN 1 ?
Sebagai alumni, saya berharap SMPN 3 terus maju. Saya masih ingat mars SMPN 3 yang dulu diciptakan oleh Pak Warto (kalo enggak salah sih). Saya hafal setelah ikut penataran P4. Kalau siang kan ada acara menyanyi bersama. Dulu lagu ini disandingkan dengan lagu Apuse dari Papua. Selama satu minggu tak bosan dan tak jenuh (pokoke semangat). Setelah lama menjadi siswa saya sendiri termasuk golongan pemalas. Tapi jangan salah saya sangat suka dengan pelajaran Bahasa Inggris yang dulu pengajarnya Bu Agus istrinya Pak Agus yang guru Ekop. Paling bosen dengan Biologi sama Pak Jaroh. Paling sumringah pelajaran Bahasa Indonesia sama Bu Nisa (dulu masih manis he2x). Kalo Olahraga harus serius karena diajar sama Pak Pri (buat temen2 yang kalo upacara enggak bawa topi pasti masih inget).
Eh kabar temen-temen angkatanku (lulus 1993) gimana ya ? wah ada yang jadi orang gedean, sedengan dan ada juga yang kekecilan. Ada yang jadi dosen Unsoed, Ajudan Wakil Bupati, Guru, karyawan swasta, buruh pabrik, tukang las, wah pokoke macem2 dan merambah semua dunia usaha. Moga-moga nasib kita (alumni 93) ke depan jadi orang sukses dunia dan akhirat. Amiin. Sekian dulu ya...sekedar mengenang masa lalu yang begitu indah di SMP Negeri 3 Pubalingga.