18 December 2007

Ada Something ? Pengumuman CPNS Honorer DEPAG Purbalingga

Something happen in DEPAG District Office. Pengumuman CPNS DEPAG dari jalur honorer diumumkan Senin, 17 Desember 2007 di Kantor DEPAG Kabupaten Purbalingga. Tercatat ada 132 orang dinyatakan diterima menjadi CPNS Depag tahun ini. Puluhan guru MI, MTs dan MA nampak memenuhi halaman kantor. Raut bahagia terpancar dari beberapa orang sedangkan ekspresi kecewa juga muncul. Saya termasuk orang yang tak berekpresi apapun. Senang pun tidak apalagi kecewa. Setelah dengan seksama melihat tanggal lahir saya begitu tertarik untuk menelusuri lebih jauh. Soalnya ada sesuatu yang mengganjal.

Ganjalan itu adalah munculnya tenaga honorer dengan tahun lahir 1985. Orang tersebut berarti baru berusia 22 tahun. Hebat benar ya, semuda itu dia bisa lolos. Apabila dihitung dengan matematika anak SD, berarti dia sudah mengabdi paling lama selama 4 tahun. Itupun jika dia lulus SMA tepat berusia 18 tahun kemudian langsung diterima menjadi guru MI. Sulit membayangkan masih ada guru MI yang mengabdi selama 15 tahun tetapi namanya tak tercantum. Eh malah orang yang baru mengabdi selama 4 tahun bisa lolos.
Dari 132 orang yang lolos terdapat 51 orang yang lahir pada dekade 80-an. Berarti ada separuh yang ternyata tercatat sebagai tenaga honorer kurang dari 5 tahun. Bukti ini memang tak bisa membuat saya berfikir lebih "kritis". Hanya saja DEPAG perlu membenahi sistem perekrutan CPNS-nya apabila ingin bersih dari dugaan-dugaan kecurangan. Tuduhan ini terlontar dari seorang ibu yang juga turut melihat pengumuman waktu itu. Si Ibu sudah mengabdi selama 7 tahun, ternyata tak tercantum dalam pengumuman.
Tuduhan kecurangan dapat diatasi dengan mencantumkan unit kerja orang yang lolos serta membuat data guru/pegawai honorer lebih transparan. Adanya tersebut membuat masyarakat bisa menilai layak tidaknya mereka yang dinyatakan lolos. Transparansi mutlak diperlukan. Ingat DEPAG kan ingin keluar dari sangkaan departemen yang paling KORUP, saatnya bertindak ... (kecuali memang benar-benar korup he2x gak perlu bertindak apapun. Tetep ajeg nanti akan dikalahkan oleh perputaran zaman)